Hal Penting Sebelum Memilih Games di Playstore

Memilih games di playstore


Sebelum memilih games edukatif yang cocok untuk anak kita, kita harus memperhatikan dulu beberapa aspek pada aplikasi games tersebut. Biasanya saya akan memperhatikan banyak aspek sebelum menginstal aplikasi. 



Hal Penting Sebelum Memilih Games di Playstore

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih games di Playstore adalah:

#1 Melihat Video dan Gambar dari Aplikasi Games

Biasanya setiap aplikasi akan memberikan keterangan video dan gambar tentang game itu, kita jadi punya gambaran bagaimana tampilan games edukatif tersebut. Kita bisa memutuskan memilih games tersebut atau tidak.

#2 Membaca ulasan

Membaca review atau ulasan para pengunduh bisa menjadi pertimbangan dalam memutuskan memilih aplikasi games. Bacalah ulasan dari banyak pengguna agar memudahkan kita untuk memilih game itu atau tidak. Biasanya ulasannya ada yang menilai negatif dengan memberikan alasannya. Kira-kira alasan itu masih bisa diterima atau tidak. Jika tidak, ya berarti tidak perlu diinstal.

#3 Memperhatikan kapasitas

Tidak semua aplikasi games bisa mendukung dengan kapasitas memory dan versi sistem operasi HP kita. Alangkah baiknya jika melihat berapa kapasitas memory dan sistem operasi ponsel kita sebelum memasang aplikasi games. Jangan menginstal aplikasi jika memory di dalam hape sudah tinggal sedikit karena akan berdampak pada lemotnya saat penggunaan.

#4 Mengandung iklan atau tidak

Sebagian besar memang aplikasi games mengandung iklan terutama saat mobile data diaktifkan. Hal tersebut sebagai salah satu cara mendukung berjalannya aplikasi games tersebut. Namun, jika merasa terganggu cukup matikan mobile data.

#5 Apakah harus online atau offline

Salah satu pertimbangan lainnya dalam memilih aplikasi games adalah apakah saat memainkan games tersebut harus online atau offline. Jika games tersebut harus online tentu akan menghabiskan kuota internet. Tapi ada juga permainan games multiplayer yang memang mau tidak mau harus online.


#6 Apakah harus berbayar atau tidak berbayar

Aplikasi games yang berbayar biasanya jarang dicari pengguna. Aplikasi games yang gratis lebih banyak dicari pengguna meski dalam permainannya ada beberapa item yang menggunakan pembelian. Kadang ada juga games yang diharuskan melihat iklan terlebih dahulu sebelum mendapatkan fitur tertentu.


#7 Populer atau tidak

Cara melihat apakah games tersebut populer atau tidak cukup lihat berapa jumlah pengguna yang mengunduh games tersebut. 


Semua kriteria tersebut menjadi penting sebelum kita memutuskan memilih aplikasi games di Playstore. Apakah games tersebut layak diinstal atau tidak. Jika ternyata tidak sesuai harapan, kalian bisa uninstal lagi. Namun memang alangkah baiknya jika hal tersebut menjadi pertimbangan agar tidak buang-buang kuota internet kan.

2 komentar:

  1. Penting banget sih emang pilih-pilih game di playstore. Sering liat ponakan download sendiri, dan ada beberapa game yang muncul gambar kurang layak. Akhirnya sama orang tuanya dibatasin, dan disetting supaya hanya game khusus anak2 aja yang bisa didownload.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya terima kasih mbak. Saya coba setting game khusus anak2

      Hapus