Servis HP atau Beli HP baru?

Halo, Assalamualaikum.

Beberapa bulan sebelumnya, Tablet saya rusak tapi saya biarkan. Sedih banget ini karena saya semangat menulis di Tab Samsung. Saya jadi lebih produktif aja nulis di Tablet.

Eh la kok Tablet Samsung tiba-tiba mati.

Beberapa bulan kemudian, layar HP Samsung saya pecah. Merk HP Samsung saya adalah Samsung A70 keluaran tahun 2015. Rasanya seperti separuh nafas hilang. Bagaimana tidak. Saya menulis di Tablet. Kerja juga di HP. Itu pun HP lungsuran.

Beli Hp baru atau servis HP?


Servis HP atau Beli HP baru?

Saya sempat terpikir apakah saya harus ganti HP atau beli saja. Kira-kira kalau servis apakah akan bertahan lama? Rugi nggak kalau servis HP dibanding harus beli baru lagi? Mending beli HP baru atau servis HP saja?

Suami sebenarnya sudah menawarkan untuk ganti HP baru. Tapi saya pikir harga HP baru lumayan juga dengan spesifikasi yang lumayan. Jadilah saya menunda.

Saya pun servis HP di Waru, Sidoarjo, yang memang dekat rumah saya. Saya memutuskan mengganti layar touchscreen. Harga ganti layar touchscreen Samsung sekitar 400.000. Mahal ya.

Beberapa bulan kemudian ternyata LCD HP Samsung saya rusak.

Ketika di tempat servis HP saya diberi opsi layar kw dan ori. Hehe. Tapi kemudian dia memberi opsi layar OLED atau AMOLED?

Baik. Saya memutuskan ganti LCD Samsung seharga 700rb. Yang katanya Ori. Mikir apa saya. Mending ganti hp baru kan?

Setelah ganti LCD Samsung saya menyelamatkan data saya di HP. Nggak sampai lima bulan, layar HP tiba-tiba mati. Pertama brebet saja. Saya langsung menyelamatkan data. Setengah jam kemudian layar benar-benar mati. Meski mesin HP masih nyala. Dan karena data sudah diselamatkan saya memilih mengganti HP 


Jadi, apakah harus mengganti HP baru ketika HP rusak? Jawabannya tergantung masalahnya. Kalau software mungkin masih bisa diinstal ulang tapi kalau layar memang lebih baik ganti hp baru.

Coba dihitung-hitung. Dalam beberapa bulan saja saya sudah menghabiskan uang sekitar 1,1 juta untuk servis. Dan pada akhirnya rusak lagi. Kalau saya teruskan kemungkinan nggak optimal dan harus servis. Jadi sebelum uang saya dipakai untuk servis, saya terpaksa memakai tabungan suami untuk membeli HP.

Selain itu, HP juga sudah nggak optimal ketika layar LCD ganti baru. Kemungkinan tidak akan bertahan lama.

Penyebab layar LCD HP rusak


Layar smartphone touchscreen memang memiliki sensitivitas terhadap penggunaan. Cara penggunaan yang buruk akan membuat touchsreen tidak berfungsi dengan baik. Ada banyak sebab kenapa layar HP bisa rusak. Sebenarnya apa penyebab layar LCD hp bisa rusak?


Jatuh

Penyebab layar ponsel rusak atau pecah karena jatuh di tempat yang keras sehingga layar tidak tahan menahan benturan dan menyebabkan keretakan hingga pecah.

Berilah cover HP yang tebal atau yang tidak licin sehingga ketika jatuh tidak langsung mengenai bagian HP.


Menyentuh layar dengan tangan kotor

Kadang kita tidak sabar untuk membuka ponsel saat sedang makan sesuatu padahal jari-jari kita sedang terkena minyak dari makanan kotor sehingga meninggalkan bercak jari di layar.

Bila ada layar yang retak dan tangan kotor mengenai layar retak maka membuat sensitivitas layar berkurang.

Maka berilah lapisan pelindung layar ponsel seperti screen guard atau screen protector agar layar bisa terjaga.


Menyentuh layar dengan kuku

Salah satu penyebab layar cepat tergores adalah menyentuh layar dengan tangan dan kuku secara bersamaan. Kuku membuat layar sentuh mudah tergores sehingga membuat layar tidak optimal. Apalagi jika tangan yang kotor menyentuh layar maka kotoran bisa masuk melalui layar yang tergores itu. Kemudian LCD akan rusak karena ada kotoran yang masuk.


Menaruh di tempat sempit

Menaruh HP di kantong celana yang ketat, atau di tas yang penuh dengan barang akan membuat HP rawan ditekan oleh barang. Lama-kelamaan layar HP bisa tergores atau rusak.


Menekan layar dengan keras

Ketika kita menekan sesuatu tapi tidak berfungsi, kita mencoba menekan layar dengan keras berharap segera berfungsi. Nyatanya, hal itu membuat sensitivitas LCD HP rusak.



Dipakai sambil dicharge

Salah satunya adalah penggunaan ponsel saat di charge. Layarnya akan bermasalah ketika kita memakai hape ketika sedang dicas. Layar hp bergaris terutama layar di dekat bagian tempat cas.



Didekatkan dengan barang elektronik lainnya

Tanpa sadar saat sedang bekerja dari rumah, kita suka menaruh HP di atas laptop atau ditaruh di atas barang elektronik lainnya. Benda elektronik memiliki magnet sehingga ketika didekatkan dalam keadaan aktif bisa membuat layar jadi tidak optimal.

Disayang-sayang ya!

Itulah beberapa alasan layar LCD HP rusak. Pada akhirnya saya memutuskan membeli HP baru lagi yaitu Samsung A22. Karena saya pikir daripada HP rusak lagi dan harus keluar uang sampai jumlahnya bisa membeli HP baru jadi saya nggak memperbaikinya.




23 komentar:

  1. Wah, kebetulan banget ini hp ku juga rusak, Mba. Layarnya mati gara-gara jatuh. Ternyata mendingan beli baru ya. Ini aku masih galau, belum diservice dan belum beli baru.

    BalasHapus
  2. Aku termasuk yg jarang beli HP. HP aku sjg, dpt fasilitas dr kntr dan yg satu adalah hadiah dr sdra. Semoga awetlah 2 HP ini, gak perlu beli hp baru hehe

    BalasHapus
  3. HP saya sering rusak LCD nya sampai berkali-kali ganti karena memang jatuh, kena benturan dan gantinya lumayan mahal dan bisa ganti hp baru tambah dikit kalau yang hp nya lumayan

    BalasHapus
  4. Kalau LCD HP rusak emang ngenes ya. Mau ganti hp baru, masih sayang. Diservice aja, cepet mati lagi.

    BalasHapus
  5. dulu aku juga pernah mbak lcd hape rusak dan ganti lcd-nya aja. memang benar sih kalau ganti lcd ini kadang hasil akhirnya tidak sebagus dulu lagi entah karena teknisinya masangnya kurang bagus atau gimana. apalagi kalau misalnya lcd yang rusak itu merk samsung mending beli hape baru deh. hihi

    BalasHapus
  6. Kalo udah kena LCD, mending beli ponsel seken lain/nambah dikit lagi buat beli baru. Biasanya harga panel LCD bisa setengah dari harga ponselnya. Misal harga ponsel sejuta, harga LCD sekitar Rp 500 ribu.

    Ya mending beli ponsel baru. Lebih aman. Namun kalo sayang ponselnya, ya udah bisa diservice. Tapi balik lagi ke ketersediaan update OS. Android paling lama disupport OS hanya 4 tahun. Selepas itu, hp jadi lemoooot banget. Kecuali utk perangkat iOS. Ketersediaan update OS-nya bisa lebih dari 5 tahun. Bahkan laptopku yang usianya 10 tahun masih bisa dipake ampe skrg meski udh ga bs update OS.

    BalasHapus
  7. kalau suruh pilih, kayanya mending beli baru sih, karena biaya service juga kadang setengah lebih dari beli yang baru ya, hehe..

    BalasHapus
  8. Hape saya ini layarnya agak buram karena sempat kemasukan air. Diperbaiki alhamdulillah sih masih dipakai. Hanya baterei menggelembung. Ganti baterai tetap sering ngedrop. Ada pikiran juga mau ganti hape baru saja. Tapi susah nyari spesifikasi yang sesuai seperti hape lama.

    BalasHapus
  9. Saya ngalemin banget LCD rusak karena tablet saya ketumpahan botol air minum yang berisi setengah. Wah kaget banget mendapati tumbler nya kosong dan airnya menggenai tablet kesayangan saya, hiks... Bener banget Mba Lita, musti disayang2 yaa gawai kita

    BalasHapus
  10. jadi keinget adikku mbak, hapenya samsung juga, aku lupa hape atau tabletnya yang rusak, nanya sana sini, biaya servisnya diitung-itung sama dengan beli baru
    akhirnya adikku memutuskan beli yang baru
    dan setuju juga kalau untuk membeli hape baru juga liat kondisi hape, kalau sekiranya nanti bakalan eror lagi mending beli hape baru

    BalasHapus
  11. Pernah kejadian juga nih ma diriku mb, layar hape pecah dan hrs ganti baru. Ganti yg orisinil, maksudnya biar awet gitu, hbis 800k, eh...bbrp bulan kemudian rusak lg. Akhirnya nyerah, drpd hrs ganti LCD mending beli hape baru aja.

    BalasHapus
  12. Kuku tangan yang panjang daku usahain untuk teratur dipotong, karena memang kan ponsel dengan touchscreen ya, biar LCD nya gak kena alias tetap terawat

    BalasHapus
  13. Selama 2021 saya termasuk tim service HP, 2022 ini saya nekat beli baru biar kerjaan lebih lancar. Tapi tetep ya, HP lama yang udah diservice juga masih bisa dipakai. Mayanlah, buat nge-game anak-anak. Karena HP sering berbagi dengan anak, biasanya rusak karena jatuh atau enggak dipegang dengan tangan kotor.

    BalasHapus
  14. Samsung biasanya tahan banting yaa..
    Gadget yang bisa tahan lama banget. Soalnya suamiku juga pakai Galnote 2019. Tapi memang kudu punya backup data sih yaa..
    Selama ini aku juga cinta banget sama HPku, meski lebih sering kerjanya di tab dan laptop.

    Tapi yang namanya HP, kudu banget. Apalagi di era digital yang serba mobile.

    BalasHapus
  15. Emang ya, barang elektronik itu kalau sudah rusak mending beli baru. Niatnya irit eh malah ngabisin duit. Btw, kebiasaan burukku nih suka pakai HP sambil dicharge, ternyata bikin layar cepet rusak. Noted.

    BalasHapus
  16. Itu penyakit aku banget sih pake hp sambil dicarge, kadang tuh gak bisa ditaro banget ini hp karena utusan kerjaan semuanya di dalam sini haha. Udah coba solusi pale dua hp tetep aja susah, akibatnya ya itu batte jadi cepet soak layar cepet rusak, abis bava artikel ini aku taubat deh hehehe

    BalasHapus
  17. Jadi berfikir apa jangan-jangan karena hp saya sering deket sama laptop ya sehingga layarnya bermasalah. Next harus hati hati nih

    BalasHapus
  18. Iya sih, kalo yang rusak layarnya emang udah susah deh kayaknyaaa. Seperti kasus punya kakak yaaa, sampe harus beberapa kali ganti layar. Ya Allah jadi merasa sia-sia yaaa ganti layar sampe yang ori juga

    BalasHapus
  19. Kalau udah kena layar gitu kayaknya auto lemes yak. Jadi inget Nexus 4-ku dulu abis buanyak dan tetep gabisa dipake akirnya karena kena layar dan terpaksa ganti HP deh hiks

    BalasHapus
  20. Jadi ingat waktu awal tahun lalu, baru beli hp eh kan kami liburan tuh ya. Mau buat foto gak bawa tripod, taruh aja begitu. lalu hp jatuh dan layar agak retak (lapisan layarnya sih) tp sedih jugaa hiukssss

    BalasHapus
  21. Wah baru tahu kalau hp dekat laptop bisa cepat rusak ya layarnya. Makasi infonya. Kalo untuk milih servis atau beli hp baru lihat kerusakannya dulu sih, kalau masih worth it service biasanya memilih service dulu. Malas mindahin datanya kalau aku

    BalasHapus
  22. Kl bagian LCD yang rusak aku sih lebih milih ganti hp baru, soalnya kl diservice, nggak lama ngehang lg.

    BalasHapus
  23. Aku tipe orang yg juga gak suka gonta ganti hp. Pokoknya selagi masih bisa dipakai, tetap dipakai. Cuma klo sudah rusak agak parah, saya memang lbh milih ganti baru. Sebab yg beginilah saya malaa, pasti adh diganti rusak lagi dan lagi.

    Yg sabar y mbak. Semoga langgeng dgn hp yg sekarang

    BalasHapus