Pilih Prosesor AMD REYZEN atau INTEL?

Prosesor AMD atau Intel


Saat kuliah dulu, teman-teman selalu merekomendasikan prosesor AMD untuk mengerjakan grafis. Di jurusan dulu memang sering banget pakai software pemetaan yang memakan memory cukup besar dan membutuhkan RAM yang mumpuni. Katanya, prosesor AMD memiliki banyak kelebihan untuk grafis.

Tapi, sebenarnya apakah prosesor AMD sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum? Apakah kalian kuliah di jurusan perencanaan wilayah kota, Teknik mesin, sipil, arsitek yang membutuhkan prosesor desktop atau laptop yang mumpuni?

Spesifikasi laptop yang cocok untuk anak arsitek, teknik mesin dan sipil sebenarnya tergantung pada RAM dan memory yang dibutuhkan. Biasanya mereka membutuhkan RAM dan memory yang cukup besar.

Kalian sedang mencari prosesor untuk gaming atau grafis? Menurut pengalaman, saat mencari laptop, sempat tergoda untuk beli prosesor AMD Reyzen. Katanya AMD Reyzen memang cocok untuk grafis dan gaming.

Kelebihan AMD Reyzen


AMD Reyzen dikenal sebagai prosesor terbaik untuk gaming. Kelebihan AMD Reyzen :

1. Kualitas gambar lebih baik

Prosesor grafis yang terintegrasi dengan Radeon Vega memiliki kualitas grafis yang lebih baik dan menarik. Untuk gaming memang terasa beda saat menggunakan prosesor AMD dan Intel. Hasilnya seolah lebih real saat pakai AMD.

2. Terintegrasi dengan Radeon Vega

Prosesor yang sudah terintegrasi dengan kartu grafis Radeon Vega ini bisa mendukung performa multimedia di laptop. Edit video, photo, gaming bisa juga pakai AMD yang terintegrasi dengan Radeon Vega.

3. Memiliki tiga varian

AMD Reyzen ada tiga varian yaitu reyzen 3, reyzen 5, reyzen 7. Semakin tinggi varian maka semakin kompleks juga penggunaannya. Untuk Reyzen 3 masih bisa digunakan untuk penggunaan dasar seperti mengetik dan browsing. Reyzen 7 untuk penggunaan yang membutuhkan spesifikasi tinggi seperti gaming, software grafis, maupun profesional.

4. Jika dipakai untuk software grafis tidak lemot

Salah satu kelebihan prosesor AMD Reyzen adalah tidak sampai ngelag atau lemot saat menggunakan software grafis.

Nah, sebenarnya kembali lagi kepada kalian. Seberapa sering kalian akan menggunakan software grafis?

Jika setiap hari mungkin memang lebih baik menggunakan AMD Reyzen. Tapi kalau hanya beberapa bulan sekali mending beli laptop prosesor Intel. Kenapa?

Kekurangan AMD Reyzen

AMD Reyzen juga memiliki kekurangan yaitu sulit menggunakan dua software secara bersamaan. Misalnya, saat membuka dua Windows ditambah membuka software grafis, laptop akan lemot, ngehang atau ngelag. 

Laptop prosesor AMD Reyzen hanya bisa digunakan untuk satu tampilan windows, bahkan hanya untuk Word dan Chrome saja sudah membuat lemot. 

Beda dengan Intel yang bisa digunakan untuk beberapa penggunaan dengan tampilan bersamaan, mau buka Word, Chrome dan Software Grafis, laptoo masih bisa jalan.

Kekurangan AMD Reyzen adalah mesin cepat panas. Meskipun sudah ada kipas tapi baru sebentar penggunaan sudah panas.

Meskipun begitu, prosesor Intel juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Misalnya, kalau untuk kasus penggunaan software grafis dimana memakan memory yang cukup besar, penggunaan software pada prosesor Intel juga bikin lemot. Sebenarnya penggunaan grafis di prosesor Intel ini tergantung RAM dan HDD.

Pengalaman, seorang mahasiswa yang kuliah di Arsitek memiliki laptop yang lemot padahal ia mengira laptopnya sudah sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya laptopnya hanya RAM 4 Gb. Dia naikkan jadi 12 GB. Tapi HDD nya tidak mendukung dengan RAM sebesar itu jadi dia upgrade ke SSD sampai 240 Gb.

Nah, untuk pilihan AMD atau Intel itu terserah kebutuhan teman-teman. Teman-teman pasti lebih paham dan jago. Ini hanya share pengalaman pribadi saja.



33 komentar:

  1. Keuntungan memakai AMD ini banyak juga ya. Biasanya di toko-toko laptop ada jual ya?

    BalasHapus
  2. Thanks for info.. artikel yang bermanfaat untuk pencari laptop, soalnya saya kadang asal beli aja kurang ngerti hiks

    BalasHapus
  3. Makasih infonya. Saya suka bingung kalo soal pemilihan prosesor. Semua tentu ada kekurangan dan kelebihan. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan mau pake laptop untuk apa saja.

    BalasHapus
  4. biasanya kalo arsitek sukanya langsung pakai macbook pro ya mba? tapi kalau sudah punya selera sendiri memang baiknya memutuskan apakah mau pakai AMD atau intel yaa

    BalasHapus
  5. AMD mmg lebih terjangkau sih ya. Klo Intel dgn spek tinggi harganya juga mayan nguras kocek meskipun sebanding dgn kualitasnya. Nice share kak

    BalasHapus
  6. Aku ... tim yang nggak ngerti. Hehe... Kalo beli laptop aku selalu ngajak yang ngerti. Aku cuma bilang ke dia, aku butuh laptop untuk keperluan ini itu dan anggarannya segini.:))

    BalasHapus
  7. Dari dulu aku lebih prefer ke intel, karena bisa multitasking program. Kalo ryzen pasti cepet panas dan hang. Tapi tergantung selera sih ya

    BalasHapus
  8. Sampai sekarang masih setia ama intel sii mba. Karena emang dulu uda terbrainwash kalau prosesor AMD Reyzen cocoknya buat anak grafis sama anak gaming. Dan aku bukan keduanya jadi tetep pilih intel yang udah cukup buat kebutuhan dasar hehe.

    BalasHapus
  9. Kayaknya perlu saya save nih infonya. Secara salah satu laptop saya sudah uzur dan perlu di-upgrade biar enggak loyo, hehehe ... Makasih lho untuk informasi penting ini.

    BalasHapus
  10. Terima kasih ya, sharingnya. Suamiku bukan arsitek tapi programing. Pilihnya juga AMD. enggak semua, sih ada juga laptopnya yang pake intel karena masing2 ada kelebihannya

    BalasHapus
  11. Kalau jurusan teknik emang dibutuhkan laptop yang oke ya mbaa apalagi untuk jurusan IT...(gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Aku sekarang menggunakan laptop lungsuran AMD gegara yang beli dulu kebutuhannya memang AMD, tapi begitu merasa laptopnya udah gak kompatibel lagi, nyerah juga dia.
    Intel harganya di atas AMD juga ya.

    BalasHapus
  13. Jadi kalau untuk keperluan ngetik dan browsing lebih baik Intel ya, kalau komputernya mau digeber buat edit grafis batu pakai AMD Reyzen.

    BalasHapus
  14. Pernah dengar tentang prosesor AMD Reyzer ini. Katanya bagus untuk gaming, ya? Meski aku gaptek, info dari Mbak Lita ini lumayan bikin paham.

    BalasHapus
  15. Pak suami lebih sering menganjurkan pakai prosesor intel untuk laptop yang kami pakai. Sebagai orang yang gak begitu paham tentang prosesor, saya mah nurut aja hehehe

    BalasHapus
  16. Daku belum pernah pakai prosesor AMD, soalnya harganya bikin senyum hehe. Kepingin suatu saat punya, karena kalau buat lappi kerjaan katanya lebih gahar kalo pake AMD

    BalasHapus
  17. Aku masih setia pake Intel nih kak karena bisa multitasking. Tapi penasaran juga Ama laptop yg pake AMD karena lebih cocok untuk desainer (eh tapi yg desainer bukan aku sih tapi bapaksuami hehehe).

    BalasHapus
  18. Wah, padahal kayaknya bagus ya AMD Ryzen ini tapi enggak bisa buat multitasking ya. Khususnya buatku yg harus buka chrome, office, aplikasi chat, dan lain sebagainya. Belum lagi aplikasi email.

    BalasHapus
  19. Aku yang cukup awam soal penggunaan perangkat keras dan pahamnya hanya "pakai doang" jadi tahu nih apa perbedaan antara AMD dan Intel juga kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terimakasih banyak, Mbak.

    BalasHapus
  20. Baru paham perbedaan AMD dan intel setelah baca ini. Dulu saat beli laptop gak paham apa sih fungsi pakai prosesor AMD, ternyata lebih ke grafis ya

    BalasHapus
  21. Saya sih lebih suka pakai AMD, apalagi buat games atau desain, lebih pas menurut saya. Tapi kembali lagi spec seprti apa yang dibutuhkan kita.

    BalasHapus
  22. AMD REYZEN ATAU INTEL emang tergantung kebutuhan dari sang pengguna ya kak. Kalau aku sampe sekarang masih setia dengan intel karena merasa paling cocok digunakan sih ya. aman terkendali ini nih

    BalasHapus
  23. kalo menurutku, emang tergantung kebutuhan si. AMD lebih cenderung utk desainer/gamer sedangkan intel utk kerjaan umum yg tdk terlalu byk resource,

    BalasHapus
  24. Kalau untuk komputer saya selalu pakai AMD, sedangkan laptop pakai intel jadi dua-duanya kepake sama saya

    BalasHapus
  25. Pengalaman Mbak jadi wawasan buat saya. Selama ini saya malah gak pernah ngutak ngatik bagian AMD atau Intel
    Tapi kalau penggunaannya memang menyesuaikan dengan kebutuhan

    BalasHapus
  26. Manut kantor suami kalau aku mbaa...laptop dapat jatah dari kantor suami sesuai spesifikasi orang IT. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  27. Aku pernah pakai AMD Reyzen. Memang terasa bagus sekali di grafisnya. Namun lemot kalau uda dipakai multi-tasking. Aku pikir, yang paling sip kalau RAM-nya di upgrade.
    Ternyata keterbatasan masing-masing laptop ini meski gak di upgrade di batas maksimalnya, tetep berdampak buruk buat loading.

    Huhu....cukup tricky memilih laptop yang nyaman digunakan sesuai dengan kebutuhan ini.

    BalasHapus
  28. Kalau kebutuhan cuman buat ngetik dan meeting doang AMD cukup kata suamiku juga hihi tapi kalo udah buat yang lain2 mending intel gitu sih yaa kak, jadi sesuai kebutuhan ajaa

    BalasHapus
  29. Aku pengguna Intel sih, cuma dulu punya mantan yang CPU-nya pake AMD dan kencengg abis tanpa hambatan, haha. Tapi emang dia buat gaming, kalau aku lebih ke nulis sih

    BalasHapus
  30. Belum pernah pake laptop yg seri AMD sih, dulu isunya AMD cocok untuk di pake buat gaming, dan faktanya memang iya ya. Kebetulan pake laptop seri intel yg lowend sudah bertahan lebih dari 10 tahun

    BalasHapus
  31. jadi ingat dulu kalau mau beli komputer atau laptop juga selalu bingung mau prosesor intel atau AMD tapi akhirnya belinya yang intel terus karena katanya AMD cepat panas

    BalasHapus
  32. sesuai kebutuhan sih ya, kalau buat nulis aja kayanya intel cukup gitu ya? kurang paham jg nih beginian , hehe anw thanks infonyaa

    BalasHapus
  33. jadi tahu nih kelebihan dan kekurangan prosesor AMD Reyzen, berarti kalau untuk fokus pada satu kegiatan AMD Reyzen ini OK ya apalagi buat kerjain grafis yang memang berat kerjanya sih ya.

    BalasHapus